Sabtu, 07 Februari 2015

Sekilas Tentang Desa Papringan

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang Desa Papringan. Ya, kenapa ini penting karena saya takut kalau ternyata para pengunjung blog ini ada yang sama sekali tidak mengerti tentang Desa Papringan. Terasa lucu ketika kita membicarakan tentang batik, keindahan alam, dan produk-produk lain yang ada tanpa mengetahui dimana dan bagaimana papringan itu sendiri. Maka saya berusaha menjelaskan tentang papringan ini agar orang-orang secara umum tahu dan tidak bingung ketika harus ke Papringan.
Penjelasan kita mulai dengan pertanyaan "Dimanakah Desa Papringan Berada?". 
Papringan terletak di kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya yaitu di pesisir selatan Sungai Serayu. desa ini berada diantara desa Kalisube, Mandirancan dan Binangun.Letak Papringan sekitar 7 km arah Barat dari Pusat Kecamatan Banyumas, 3 km arah tenggara Pusat Kecamatan Patikraja, dan 12 km arah selatan Kota Purwokerto. 
Desa papringan bisa dijangkau melalui beberapa cara. Pertama yaitu dari arah timur. jika datang dari jalan raya Banyumas-Buntu, maka harus mengambil jalan ke arah Patikraja namun yang melawati selatan Sungai Serayu. Lebih gampangnya lagi adalah masuk melalui jalan sebelah utara pasar Banyumas, kemudian belok kanan di Bakmi Gareng Banyumas. Dari situ lurus terus hingga ada tower SUTET di tengah sawah dengan Sungai Serayu di kanan jalan. Maka dapat dipastikan wilayah tersebut sudah memasuki wilayah Desa Papringan.
Cara yang kedua yaitu dari arah barat. Misalkan berada di Patikraja (Jalan Raya Purwokerto-Cilacap). Ketika akan menuju Parpingan, maka kita harus mengambil arah Kebasen/Sampang terlebih dahulu. Kemudian belok kiri di Pertigaan Beringin Mandirancan (ke arah Banyumas) hingga melawati sebuah pemakaman di sebelah kanan jalan yang bersebelahan dengan sebuah sungai. Jika sudah melewati makam tersebut, berarti telah memasuki wilayah Desa Papringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar